http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/tail2.gif

Minggu, 11 Mei 2014

pertemuan 4

Pengertian,Rumus dari fungsi (IF,AND OR,STRING,SUMIF,COUNTIF) Di Microsoft Exel

1.FUNGSI IF
Fungsi IF adalah fungsi yang paling sering digunakan pada Microsoft Excel. Fungsi ini jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya “Jika”. Dan penggunaannya memang untuk logika, misalnya jika nilai di di atas 70, maka lulus, jika tidak maka tidak lulus. Nah logika di atas dapat menggambarkan bagaimana fungsi IF berjalan.
Rumus dasar fungsi IF adalah:
=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)
Penjelasannya adalah sebagai berikut:
- Logical_test = nilai atau ekspresi yang akan diujikan (True atau False), contohnya nilai seorang siswa adalah 80.
- Value_if_true = nilai yang dihasilkan jika logical_test bernilai benar (True), jika nilainya di atas 70 maka LULUS.

- Value_if_false = nilai yang dihasilkan jika logical_test bernilai salah (False), jika nilainya di bawah 70 maka TIDAK LULUS.
Contoh rumus :
=if(a1>70;”LULUS”;”TIDAK LULUS”)



2.FUNGSI STRING
Fungsi string adalah fungsi yang dapat menempatkan dan mengelolah data berjenis teks pada lembar kerja MS. Excel. Fungsi string digunakan untuk mengambil, mengubah karakter tertentu pada Data teks.
Fungsi LEFT
Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil karakter dari kiri/awal/depan dari data teks sebanyak jumlah karakter yang diambil
Bentuk Umum fungsi LEFT:
 =LEFT(data teks, jumlah karakter)
 Catatan:
  •  Data teks = teks atau alamat cel data teks
  • Jumlah karakter = Berapa banyak karakter yang akan diambil
Contoh :
Data teks berada di cell c7 (bm-111 90) ambil karakter dari kiri sebanyak 2,
Rumusnya :
=LEFT(C7,2) ---> hasil "bm"
Fungsi RIGHT
Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil karakter dari kanan/belakang/akhir dari data teks sebanyak jumlah karakter yang diambil
Bentuk Umum Fungsi RIGHT
=RIGHT(data_teks, jumlah_karakter)
Contoh :
Data teks berada di cell c7 (bm-111 90) ambil karakter dari kanan sebanyak 2,
Rumusnya :
=RIGHT(C7,2) ---> hasilnya "90"
Fungsi MID
Fungsu MID digunakan mengambil dari kiri ke tengah berdasarkan karakter awal sebanyak jumlah karakter yang diambil
Bentuk Umum Fungsi MID
=MID(data_teks, posisi_awal, jumlah_karakter)
Contoh :
Data teks berada di cell c7 (bm-111 90) ambil karakter dari kiri ketangah sebanyak 3, Rumusnya : =Mid(C7,4,2) hasilnya “111″
Fungsi VALUE
Fungsi VALUE digunakan untuk merubah data teks menjadi numeric atau angka
Bentuk umum Fungsi VALUE :
=VALUE(data_teks)
Contoh :
Data teks berada di cell c7 (bm-111 90) ubahlah data text “111″ menjadi data angka
Rumusnya :
=VALUE(mid(c7,4,3)) --> hasilnya "111"
Fungsi TEXT
Fungsi TEXT digunakan untuk merubah data angka menjadi text (huruf)
Bentuk Umum Fungsi TEXT :
=TEXT(data_angka )
Contoh :
Data angka yang berada di sel c7 (1000) ubahlah data angka ini menjadi Data Text
Rumusnya :
=TEXT(c7,0)  ---> hasilnya 1000 (rata kekiri)
Catatan :
  • Pada rumus angka “0″ untuk menampilkan data angka yang berada di cell c7 yaitu 1000
  • Apabila rumus benar maka data angka (rata dikanan) akan otomatis menjadi rata kiri (data text)
3.FUNGSI COUNTIF
Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah data pada sebuah range tabel yang memenuhi kriteria dari kondisi yang dipersyaratkan pada parameter fungsi.

Cara Penulisan fungsi COUNTIF:

COUNTIF(range , criteria)
  • range adalah range dalam worksheet yang akan dihitung datanya
  • criteria adalah kondisi yang harus dipenuhi
Contoh penggunaan fungsi COUNTIF():
  1. Buka aplikasi Microsoft Excel
  2. Buat tabel daftar nama buah yang



    teridi dari kolom NO pada cell A1 dan kolom NAMA BUAH pada cell B1
  3. Isikan data berikut
  4. Buat lagi tabel daftar jumlah buah dengan kolom NAMA BUAH pada cell D1 dan kolom JUMLAH pada cell E1
  5. Isikan data jeruk pisang,mangga,jambu,salak,apel,pepaya dari cell D2 sampai D8 lalu Jumlah pada D9
  6. Isikan rumus =COUNTIF(B$2:B$11,D2) pada cell E2
  7. Copy-kan rumus pada cell E2 ke E3 sampai E8
  8. Isikan rumus =SUM(E2:E8) pada cell E9
4.FUNGSI SUMIF
Fungsi SumIf() digunakan untuk melakukan perhitungan proses sumary (menjumlahkan) suatu data dalam range dengan kondisi tertentu yang harus dipenuhi.


Cara penulisan:

SUMIF(range,criteria,sum_range)
  • Range adalah range dari kriteria yang akan dievaluasi kondisinya terpenuhi atau tidak
  • Critera adalah kriteria yang dalam format angka, ekpresi, atau text yang menentukan cell yang mana yang akan dijumlahkan. Misalnya criteria dapat berupa ekpresi sebagai 32, “32” atau “>32”, “apel”
  • Sum_Range adalah range atau cell yang dijumlahkan.
Catatan:
  • Cell di dalam sum_range dijumlahkan jika cell yang berhubungan dengannya memenuhi kriteria
  • Jika sum_range kosong, maka data pada range yang akan dijumlahkan

Contoh penggunaan:
Misalkan ada data seperti data berikut:

Jika kita menuliskan rumus =SUMIF(A2:A5,">160000",B2:B5), maka akan diperoleh hasil 63,000 yaitu dari hasil penjumlahan 14,000 + 21,000 + 28,000 yang memenuhi kondisi range A2:A5 yang nilainya lebih dari 160,000.

Jika kita menuliksan rumus =SUMIF(A2:A5,">160000"), maka hasilnya adalah 900,000 yang merupakan penjumlahaan nilai dari A2:A5 yang nilainya lebih dari 160,000.
5.FUNGSI AND OR


Fungsi And di Excel adalah fungsi untuk memeriksa suatu kondisi atau beberapa kondisi apakah benar, jika kondisi benar semua maka fungsi akan menghasilkan nilai TRUE. Jika kondisi lebih dari satu dan salah satu saja bernilai FALSE, maka fungsi akan mengembalikan nilai FALSE.

Cara penulisan fungsi And:

AND(logical1,logical2,....)

Argumen logical1,logical2,.... adalah kondisi yang akan di test dapat berupa TRUE, FALSE, dan dapat berupa nilai logikal, arrays, atau referensi.

Contoh penggunaan fungsi And

=AND(ISNONTEXT(1),ISERROR(2/0))

Hasil dari fungsi And pada contoh di atas adalah TRUE karena fungsi ISNONTEXT(1) menghasilkan TRUE dan fungsi ISERROR(2/0)

=AND(ISNONTEXT(1),ISERROR(2/0),ISNA(5))

Hasil dari fungsi And pada contoh kedua adalah FALSE karena fungsi ISNONTEXT(1) menghasilkan TRUE dan fungsi ISERROR(2/0) sedangkan ISNA(5) bernilai FALSE.
Fungsi OR untuk menggabungkan dua atau lebih expresi logika dan akan bernilai TRUE jika salah satu expresi logika memenuhi syarat dan bernilai FALSE jika kedua expresi tidak memenuhi syarat.
Contoh penggunaan fungsi Or :
=IF(OR(LOGIKA 1;LOGIKA 2;………..LOGIKA n );KONDISI 1;KONDISI 2)

1 komentar:

  1. terima kasih infonya
    penjelasan countif excel nya menarik
    bisa langsung dipraktekkan

    BalasHapus