Pengertian,Rumus dari fungsi (IF,AND OR,STRING,SUMIF,COUNTIF) Di Microsoft Exel
1.FUNGSI IF
Fungsi IF adalah fungsi yang paling sering
digunakan pada Microsoft
Excel. Fungsi ini jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia
artinya “Jika”. Dan penggunaannya memang untuk logika, misalnya jika nilai di
di atas 70, maka lulus, jika tidak maka tidak lulus. Nah logika di atas dapat
menggambarkan bagaimana fungsi IF berjalan.
Rumus dasar fungsi IF adalah:
=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)
Penjelasannya adalah sebagai
berikut:
- Logical_test = nilai atau ekspresi yang akan diujikan (True atau False),
contohnya nilai seorang siswa adalah 80.
- Value_if_true = nilai yang dihasilkan jika logical_test bernilai benar
(True), jika nilainya di atas 70 maka LULUS.
- Value_if_false = nilai yang dihasilkan jika logical_test bernilai salah (False),
jika nilainya di bawah 70 maka TIDAK LULUS.
Contoh rumus :
=if(a1>70;”LULUS”;”TIDAK
LULUS”)
2.FUNGSI STRING
Fungsi string adalah fungsi yang
dapat menempatkan dan mengelolah data berjenis teks pada lembar kerja MS.
Excel. Fungsi string digunakan untuk mengambil, mengubah karakter tertentu pada
Data teks.
Fungsi
LEFT
Fungsi LEFT digunakan untuk
mengambil karakter dari kiri/awal/depan dari data teks sebanyak jumlah karakter
yang diambil
Bentuk
Umum fungsi LEFT:
=LEFT(data teks, jumlah
karakter)
Catatan:
- Data teks = teks atau alamat cel data teks
- Jumlah karakter = Berapa banyak karakter yang akan diambil
Contoh
:
Data teks berada di cell c7 (bm-111
90) ambil karakter dari kiri sebanyak 2,
Rumusnya
:
=LEFT(C7,2) ---> hasil "bm"
Fungsi
RIGHT
Fungsi RIGHT digunakan untuk
mengambil karakter dari kanan/belakang/akhir dari data teks sebanyak jumlah
karakter yang diambil
Bentuk Umum Fungsi RIGHT
=RIGHT(data_teks, jumlah_karakter)
Contoh
:
Data teks berada di cell c7 (bm-111
90) ambil karakter dari kanan sebanyak 2,
Rumusnya
:
=RIGHT(C7,2) ---> hasilnya "90"
Fungsi
MID
Fungsu MID digunakan mengambil dari
kiri ke tengah berdasarkan karakter awal sebanyak jumlah karakter yang diambil
Bentuk
Umum Fungsi MID
=MID(data_teks, posisi_awal, jumlah_karakter)
Contoh
:
Data teks berada di cell c7 (bm-111
90) ambil karakter dari kiri ketangah sebanyak 3, Rumusnya : =Mid(C7,4,2)
hasilnya “111″
Fungsi
VALUE
Fungsi VALUE digunakan untuk merubah
data teks menjadi numeric atau angka
Bentuk
umum Fungsi VALUE :
=VALUE(data_teks)
Contoh
:
Data teks berada di cell c7 (bm-111
90) ubahlah data text “111″ menjadi data angka
Rumusnya
:
=VALUE(mid(c7,4,3)) --> hasilnya "111"
Fungsi
TEXT
Fungsi TEXT digunakan untuk merubah
data angka menjadi text (huruf)
Bentuk
Umum Fungsi TEXT :
=TEXT(data_angka )
Contoh
:
Data angka yang berada di sel c7
(1000) ubahlah data angka ini menjadi Data Text
Rumusnya
:
=TEXT(c7,0) ---> hasilnya 1000 (rata kekiri)
Catatan
:
- Pada rumus angka “0″ untuk menampilkan data angka yang berada di cell c7 yaitu 1000
- Apabila rumus benar maka data angka (rata dikanan) akan otomatis menjadi rata kiri (data text)
3.FUNGSI
COUNTIF
Fungsi COUNTIF digunakan untuk
menghitung jumlah data pada sebuah range tabel yang memenuhi kriteria dari
kondisi yang dipersyaratkan pada parameter fungsi.
Cara Penulisan fungsi COUNTIF:
COUNTIF(range , criteria)
Cara Penulisan fungsi COUNTIF:
COUNTIF(range , criteria)
- range adalah range dalam worksheet yang akan dihitung datanya
- criteria adalah kondisi yang harus dipenuhi
Contoh penggunaan fungsi COUNTIF():
- Buka aplikasi Microsoft Excel
- Buat tabel daftar nama buah yang
- Isikan data berikut
- Buat lagi tabel daftar jumlah buah dengan kolom NAMA BUAH pada cell D1 dan kolom JUMLAH pada cell E1
- Isikan data jeruk pisang,mangga,jambu,salak,apel,pepaya dari cell D2 sampai D8 lalu Jumlah pada D9
- Isikan rumus =COUNTIF(B$2:B$11,D2) pada cell E2
- Copy-kan rumus pada cell E2 ke E3 sampai E8
- Isikan rumus =SUM(E2:E8) pada cell E9
4.FUNGSI SUMIF
Fungsi SumIf() digunakan untuk melakukan perhitungan
proses sumary (menjumlahkan) suatu data dalam range dengan kondisi tertentu
yang harus dipenuhi.
Cara penulisan:
SUMIF(range,criteria,sum_range)
SUMIF(range,criteria,sum_range)
- Range adalah range dari kriteria yang akan dievaluasi kondisinya terpenuhi atau tidak
- Critera adalah kriteria yang dalam format angka, ekpresi, atau text yang menentukan cell yang mana yang akan dijumlahkan. Misalnya criteria dapat berupa ekpresi sebagai 32, “32” atau “>32”, “apel”
- Sum_Range adalah range atau cell yang dijumlahkan.
Catatan:
- Cell di dalam sum_range dijumlahkan jika cell yang berhubungan dengannya memenuhi kriteria
- Jika sum_range kosong, maka data pada range yang akan dijumlahkan
Contoh penggunaan:
Misalkan ada data seperti data berikut:
Jika kita menuliskan rumus =SUMIF(A2:A5,">160000",B2:B5), maka akan diperoleh hasil 63,000 yaitu dari hasil penjumlahan 14,000 + 21,000 + 28,000 yang memenuhi kondisi range A2:A5 yang nilainya lebih dari 160,000.
Jika kita menuliksan rumus =SUMIF(A2:A5,">160000"), maka hasilnya adalah 900,000 yang merupakan penjumlahaan nilai dari A2:A5 yang nilainya lebih dari 160,000.
5.FUNGSI AND OR
Fungsi And di Excel adalah fungsi untuk memeriksa suatu kondisi
atau beberapa kondisi apakah benar, jika kondisi benar semua maka fungsi akan
menghasilkan nilai TRUE. Jika kondisi lebih dari satu dan salah satu saja
bernilai FALSE, maka fungsi akan mengembalikan nilai FALSE.
Cara penulisan fungsi And:
AND(logical1,logical2,....)
Argumen logical1,logical2,.... adalah kondisi yang akan di test dapat berupa TRUE, FALSE, dan dapat berupa nilai logikal, arrays, atau referensi.
Contoh penggunaan fungsi And
=AND(ISNONTEXT(1),ISERROR(2/0))
Hasil dari fungsi And pada contoh di atas adalah TRUE karena fungsi ISNONTEXT(1) menghasilkan TRUE dan fungsi ISERROR(2/0)
=AND(ISNONTEXT(1),ISERROR(2/0),ISNA(5))
Hasil dari fungsi And pada contoh kedua adalah FALSE karena fungsi ISNONTEXT(1) menghasilkan TRUE dan fungsi ISERROR(2/0) sedangkan ISNA(5) bernilai FALSE.
Cara penulisan fungsi And:
AND(logical1,logical2,....)
Argumen logical1,logical2,.... adalah kondisi yang akan di test dapat berupa TRUE, FALSE, dan dapat berupa nilai logikal, arrays, atau referensi.
Contoh penggunaan fungsi And
=AND(ISNONTEXT(1),ISERROR(2/0))
Hasil dari fungsi And pada contoh di atas adalah TRUE karena fungsi ISNONTEXT(1) menghasilkan TRUE dan fungsi ISERROR(2/0)
=AND(ISNONTEXT(1),ISERROR(2/0),ISNA(5))
Hasil dari fungsi And pada contoh kedua adalah FALSE karena fungsi ISNONTEXT(1) menghasilkan TRUE dan fungsi ISERROR(2/0) sedangkan ISNA(5) bernilai FALSE.
Fungsi OR
untuk menggabungkan dua atau lebih expresi logika dan akan bernilai TRUE jika
salah satu expresi logika memenuhi syarat dan bernilai FALSE jika kedua expresi
tidak memenuhi syarat.
Contoh
penggunaan fungsi Or :
=IF(OR(LOGIKA
1;LOGIKA 2;………..LOGIKA n );KONDISI 1;KONDISI 2)
terima kasih infonya
BalasHapuspenjelasan countif excel nya menarik
bisa langsung dipraktekkan